MANFAAT YANG BISA DIDAPATKAN DARI KULIT MELINJO YANG PERLU KITA KETAHUI

MANFAAT YANG BISA DIDAPATKAN DARI KULIT MELINJO YANG PERLU KITA KETAHUI

Melinjo merupakan salah satu buah yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat di indonesia. Tumbuhan ini biasanya tubuh dengan pohon yang cukup besar. Tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, namun biji dan daunnya juga bisa untuk dikonsumsi. Banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari melinjo ini. buah melinjo ini memiliki biji yang tersimpan di dalam kulit buahnya. Kulit melinjo yang masih muda berwarna hijau dan kulit yang sudah matang berwarna merah. Kulit melinjo ini biasanya diolah menjadi sayur, salah satunya sebagai bahan dalam sayur asem. 

Di dalam kulit melinjo mengandung gizi dan antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Sehingga tidak heran jika kulit melinjo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kulit melinjo ini. Berikut ini beberapa manfaat kulit melinjo yang perlu kamu ketahui diantaranya yaitu:

  • Sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh

kulit melinjo memang memiliki kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi di dalamnya. Sehingga kulit melinjo bisa menjadi salah satu makanan sebagai sumber antioksidan tinggi dibutuhkan tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan antioksidan dalam tubuh akan mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga bisa membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit dan cocok untuk meningkatkan kesuburan. 

  • Menjaga kesehatan otak

Mengkonsumsi kulit melinjo juga bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan kulit melinjo memiliki kandungan yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi kulit melinjo akan menjaga kesehatan otak dan fungsi saraf. Bahkan akan membantu sistem saraf mengantar sinyal secara optimal. 

  • Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Tulang dan gigi memang memang membutuhkan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu memenuhi gizi tersebut, salah satunya kulit melinjo. Dengan mengkonsumsi kulit melinjo akan membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya juga baik untuk mencegah osteoporosis. 

  • Menjaga kesehatan ginjal 

Di dalam kulit melinjo mengandung mineral, senyawa dan fosfor yang sangat baik untuk ginjal. Sehingga dengan mengkonsumsi kulit melinjo bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena kandungan di dalam kulit melinjo tadi akan menjaga cairan dalam tubuh agar tetap seimbang. Bahkan juga akan mengatur kadar garam dan membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh. 

  • Mencegah radang kulit dan mengatasi jerawat

Mengkonsumsi kulit melinjo ternyata juga bermanfaat untuk mencegah radang kulit dan mampu mengatasi jerawat. Hal ini karena kulit melinjo dipercaya dapat meningkatkan sel darah putih. Sehingga akan mempercepat penyembuhan luka dan mencegah peradangan. Selain itu kulit melinjo juga mengandung beta karoten yang berfungsi untuk antinyeri dan antiradang. 

  • Mencegah asam urat

Memang banyak orang yang mengetahui bahwa mengkonsumsi biji melinjo bisa menjadi penyebab asam urat. Namun ternyata malah sebaliknya, kulit melinjo ini dapat membantu menghambat gangguan asam urat. Hal ini karena di dalam kulit melinjo mengandung banyak senyawa di dalamnya. Senyawa tersebut yang mampu menghambat kinerja pensintesis asam urat. Sehingga dengan mengkonsumsi kulit melinjo dapat menjadi obat bahkan mencegah terjadinya asam urat.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kulit melinjo yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu manfaatkan dan konsumsilan kulit melinjo dari sekarang untuk mendapatkan manfaatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *