Inilah Cara Mengafdruk Screen Sablon Amanah Garment  

Amanah garment – Dalam memproses pembuatan sablon ini memang setidaknya ada dua cara bukan. Dimana memang dapat digunakan untuk mengafdruk screen. Yakni dengan bantuan matahari dan dengan kotak lampu neon. Dimana jika dilihat secara garis besar kedua cara ini memang hampir sama. Walaupun proses pencahayaan ini pun dilakukan dengan sedikit berbeda. Maka tujuan utamanya ini adalah dapat menimbulkan gambar atau tulisan pada screen telah di polesi dengan menggunakan obat afdruk emulsion.

5 Cara Mengafdruk Screen Sablon Amanah Garment  

Hasil sablon yang baik ini sudah pasti akan sangat ditentukan oleh jenis screen yang akan digunakan. Untuk dapat menyablon kaos atau kain tekstil ini digunakan screen berpori – pori. Yakni dengan menggunakan pori kasar dengan type T48, T54, T61, T77 dan T90. Untuk dapat menyablon kertas, pvc, sticker dll. Jenis emulsion ini pun digunakan untuk dapat mengafdruk screen ini. Yakni dapat berupa solven untuk jenis non kain bukan. Atau menggunakan jenis water base untuk sablon kain tekstil. Berikut ini langkah – langkah mengenai cara mengafdruk screen.

  1. Mencampurkan emulsion dan SR

Tips pertama cara mengafdruk screen ini adalah dengan mencampur emulsion dan SR. Dimana anda bisa menuangkan emulsion ke dalam wadah. Lalu kemudian anda bisa masukan SR dengan perbandingan 1:9. Yakni dengan mengaduk – aduk hingga benar – benar bisa menyatu. Untuk obat yang memang sudah di campur ini dengan menggunakan cairan kuning ini tidak bisa di simpan lama. Anda harus menggunakan secukupnya.

  1. Memoleskan screen secara merata

Tips kedua cara mengafdruk screen ini adalah dengan memoleskan screen secara merata. Maka pastikan screen bersih ini kering dan bebas dari abu. Maka oleskan campuran emulsion dan SR. Pada screen yang akan menggunakan mika bukan. Maka lakukan pemolesan secara merata pada bagian luar dan dalam screen.

  1. Mengeringkan screen di ruangan tertutup

Tips ketiga cara mengafdruk screen ini adalah dengan mengeringkan screen di ruangan tertutup. Untuk proses pengeringan screen ini sendiri memang hanya boleh dilakukan di ruangan tertutup dan gelap. Dikarenakan jika memang terkena sinar matahari yang terang. Maka proses pengafdrukan nya ini pun akan gagal. Untuk dapat mempercepat pengeringan screen ini, anda bisa menggunakan hair dyer hingga kipas angin.

  1. Meletakkan film di atas screen secara terbalik

Tips keempat cara mengafdruk screen ini adalah dengan meletakkan film di atas screen secara terbalik.  Setelah proses pengeringan ini pun selesai. Maka anda di sini pun bisa meletakkan fim ini di atas screen secara terbalik. Selain itu anda juga bisa lapiskan dengan kaca bening. Atau anda juga bisa menempatkan busa di bawah screen. Kemudian anda bisa tekan dan jemur di ruangan terbuka selama 5 – 20 detik.

  1. Mengafdruk screen dengan lampu neon

Tips kelima cara mengafdruk screen mengafdruk screen dengan lampu neon. Untuk proses mengafdruk screen ini hendaknya dilakukan di atas kotak lampu. Dimana dilapisi kaca dengan setebal 5 milimeter. Dimana lamanya penyinaran ini dalam mencapai hingga 5 – 8 menit. Anda bisa menggunakan lampu neon yang benar – benar terang.

Setelah proses penyinaran ini selesai. Maka lanjutkan dengan pengembangan gambar dari hasil penyinaran. Screen ini sudah di sinari matahari atau lampu segera di siram dengan air bersih dalam dan luar screen. Untuk dapat menyempurnakan diperlukan semprotan air. Tujuannya agar gambar tulisan ini menjadi terlihat lebih jelas.