INILAH BEBERAPA CIRI-CIRI DAN GEJALA YANG TIMBUL AKIBAT KERUSAKAN FLYBACK PADA TV

INILAH BEBERAPA CIRI-CIRI DAN GEJALA YANG TIMBUL AKIBAT KERUSAKAN FLYBACK PADA TV

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang saat ini sudah banyak digunakan. Sama seperti dengan alat elektronik lainnya, televisi juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan pada televisi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari umur televisi yang sudah tua maupun penggunaan yang berlebihan dan lainnya. Semua perangkat elektronik memang memiliki standar kualitas dan daya tahan penggunaan masing-masing. Namun tak sedikit orang yang memperdulikan hal tersebut sehingga kerusakan akan terjadi. Sehingga mengantisipasi hal tersebut harus dilakukan supaya televisi terawat dan lebih awet. 

Banyak kerusakan yang bisa timbul pada televisi, salah satunya kerusakan pada bagian flyback. Flyback merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk menekan tegangan agar layar dapat menampilkan gambar. Kerusakan pada flyback ini menjadi salah satu kerusakan pada televisi yang cukup sulit untuk diperbaiki. Sebab kerusakan pada flyback tersebut bisa disebabkan oleh flyback yang bermasalah ataupun mengalami bocor. Sehingga biasanya untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara yang paling mudah dan cepat yaitu dengan mengganti flyback televisi tersebut. 

Ada banyak gejala yang bisa ditimbulkan jika flyback televisi mengalami kerusakan. Berikut ini ada beberapa gejala yang bisa anda ketahui agar bisa mengerti bahwa televisi mengalami kerusakan pada flyback. Adapun beberapa gejala kerusakan pada flyback tersebut diantaranya yaitu:

  • Tegangan naik turun

Gejala pertama yang bisa timbul apabila flyback pada televisi mengalami kerusakan. Maka tegangan pada tv tersebut akan naik turun atau FBT tidak berfungsi dengan maksimal. Televisi yang mengalami gejala ini biasanya ditandai dengan tampilan gambar yang terkadang fokus dan terkadang blur. Dengan adanya tanda-tanda tersebut sehingga dapat dipastikan bahwa flyback televisi tersebut mengalami kerusakan. 

  • Gulungan kawat short atau terbakar

Gejala selanjutnya yang bisa timbul ketika flyback pada televisi rusak yaitu gulungan kawat short atau terbakar. Flyback memang merupakan sebuah trafo sehingga pastinya memiliki lilitan di dalamnya. Sehingga apabila lilitan tersebut mengalami short atau terbakar, maka flyback pada televisi tersebut memang mengalami kerusakan. Bahkan biasanya juga pada body flyback akan mengalami keretakan. Selain itu juga biasanya akan mengeluarkan lelehan benda berwarna kuning akibat lilitan yang terbakar. 

  • Terdapat kebocoran tegangan tinggi

Keadaan flyback televisi yang rusak juga bisa ditandai dengan gejala adanya kebocoran tegangan tinggi. Dengan keadaan ini akan terlihat ada semburan seperti api berwarna biru dan mengeluarkan suara seperti konsleting listrik. Sehingga apabila televisi mengalami gejala ini, maka anda harus cepat mencabut tv. Sebab jika tidak maka kerusakan akan merembet pada komponen lainnya. Gejala ini bisa menandakan terjadinya kerusakan yang sering disebut flyback bocor. Sehingga salah satu cara yang bisa digunakan yaitu hanya dengan menggantinya dengan yang baru. 

  • Kebocoran pada kabel tegangan tinggi

Kabel tegangan tinggi yang terbakar bahkan terkelupas juga bisa menjadi salah satu ciri kerusakan flyback. Gejala ini menjadi salah satu gejala yang paling sering terjadi, karena kabel yang sudah terlalu lama. Atau juga bisa disebabkan akibat menurunya kualitas karena terlalu sering menerima tegangan tinggi. Kondisi ini harus segera diatasi karena kabel yang terkelupas akan menimbulkan percikan api dari tegangan tinggi tersebut. Sehingga jika tidak segera diatasi maka percikan api tersebut bisa mengenai benda di sekitarnya. Bahkan yang lebih parahnya akan bisa menyebabkan kebakaran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *