CARA MUDAH MENGHILANGKAN STRES

Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang mengalami ancaman, tekanan ataupun perubahan hormon dalam tubuh. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, mudah marah, gelisah, frustrasi, sulit menenangkan pikiran, dan kurang bersemangat. Stres adalah hal yang normal dialami oleh setiap orang. Situasi tersebut akan memicu respons tubuh, baik secara fisik maupun mental. Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah keluarga, hubungan percintaan, sosial ataupun masalah dalam pekerjaan. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif bagi seseorang.  Karena dapat memicu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih keras untuk menghadapi masalah kehidupan. Namun stres juga akan berdampak negatif apabila terjadi berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan dapat memicu timbulnya penyakit dan kesehatan mental. Saat kondisi stres tubuh melepaskan hormon yang akan membuat tekanan darah meningkat. Pembuluh darah menyempit dan kerja jantung lebih cepat. Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun. Menjadikan tubuh sulit untuk melawan penyakit.

CARA MUDAH MENGHILANGKAN STRES

Lakukan Beberapa Cara Ini Untuk Mengendalikan Stres

Tentunya seseorang tidak ingin mengalami stres berkelanjutan, apalagi sampai berdampak negatif. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mencari solusi menghilangkan stres. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan stres adalah mengetahui apa penyebab stres. Setiap orang pastinya memiliki cara berbeda-beda untuk mengatasi stres.

Maka dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stres, sebagai berikut:

  1. Keluarkan semua unek-unek atau beban pikiran

Memendam perasaan ataupun beban pikiran yang mengganggu akan memicu anda mengalami stres. Untuk itu lebih baik jika anda melepaskan semua beban pikiran yang anda rasakan. Anda bisa mengutarakan semua dengan menulis diary, ataupun menceritakan kepada orang tua, sahabat, ataupun seseorang yang sudah anda percaya. Karena setelah anda mengutarakan semua beban yang menjadi pikiran anda, percayalah anda akan merasa jauh lebih baik dan tenang.

  1. Olahraga teratur

Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Olahraga secara teratur dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah.

Agar hasilnya lebih baik, sebaiknya lakukan olahraga pagi hari diluar ruangan. Salah satu cara yang sederhana dengan joging, bersepeda ataupun hanya sekedar berjalan jalan mengelilingi halaman rumah.

  1. Pola makan yang sehat

Dengan kebiasaan pola makan yang sehat maka kebutuhan nutrisi pada tubuh akan terpenuhi. Tubuh yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi akan lebih berenergi dan mampu beradaptasi pada masalah. Jadi memungkinkan anda supaya tidak mudah mengalami stres.

  1. Jam tidur yang cukup

Sering bergadang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami stres. Jam tidur yang kurang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa mengatasi stres dengan baik. Untuk itu sediakan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Supaya metabolisme tubuh dan produksi hormon menjadi seimbang.

  1. Lakukan hobi kesukaan ataupun melakukan kegiatan hiburan

Seseorang pastinya memiliki hobi masing-masing. Untuk itu anda bisa melakukan aktivitas tersebut untuk hiburan. Ataupun anda juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan lainnya dengan keluarga ataupun teman dekat. Anda bisa berekreasi, berkebun, ataupun camping dan lainnya. Dengan begitu anda akan merasa lebih tenang dan senang.

Karena menjadi sebagian dari hidup, maka stress tidak akan tidak pernah ada. Namun menghindari stres bisa dilakukan supaya tidak berkelanjutan. Kenali gejala stres dan dampak-dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Stres yang berlebihan dalam jangka panjang pada umumnya ditandai dengan adanya berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti depresi, gangguan makan, gangguan kepribadian dan lainnya. Jika anda atau kerabat sedang mengalami stres jangka panjang, segera temui dokter untuk berkonsultasi. Namun jika diperlukan dokter biasanya akan menghubungi seorang psikolog atau psikiater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *